Siap Adopsi Tata Kelola Zakat Hasil Studi Tiru ke BAZNAS Kota Batam
SIAP ADOPSI TATA KELOLA ZAKAT HASIL STUDI TIRU KE BAZNAS KOTA BATAM
22/08/2024 | Humas BAZNAS Kota BekasiDalam menyambut program kerja tahun 2025, BAZNAS Kota Bekasi kulakan inspirasi dari BAZNAS Kota Batam, Kepulauan Riau, 19-21 Agustus 2024. BAZNAS Kota Batam memiliki keunggulan di sejumlah hal.
Di bidang pengumpulan, BAZNAS Kota Batam menargetkan pengumpulan tahun 2024 di angka Rp22,2 miliar dan pada bulan Agustus sudah tercapai 54% atau Rp12 miliar. Mereka melakukan masifikasi pengumpulan melalui platform digital, iklan di ruang publik (transportasi umum), dan bekerjasama dengan Kemenag untuk melakukan pencatatan pengumpulan di UPZ masjid dan musala, di samping pengumpulan oleh UPZ di lembaga pemerintah.
Dalam hal pendistribusian, BAZNAS Kota Batam memiliki program unggulan yaitu 13 program pendayagunaan. Di antara yang menonjol; Rumah Sehat BAZNAS (RSB), Rumah Tahfidz, Z-Chicken, Z-Mart, dan Z-Auto. Program-program tersebut adalah wujud keberpihakan BAZNAS Kota Batam yang lebih memprioritaskan program pendayagunaan yang memiliki dampak jangka panjang.
“Lainnya adalah dalam hal publikasi, sebetulnya program BAZNAS Kota Batam dan BAZNAS Kota Bekasi tidak beda jauh, tetapi memang Batam cukup memprioritaskan branding dan publikasi sehingga program-program mereka lebih terekspose,” ungkap Wakil Ketua IV BAZNAS Kota Bekasi Sriyono.
Dalam hal pelaporan, BAZNAS Kota Batam berkomitmen terhadap penerapan Sistem Informasi BAZNAS (SIMBA), yang mereka manfaatkan sebagai database muzaki dan penerimaan zakat, mustahik dan penyaluran zakat, pencatatan semua transaksi dan pelaporan baik harian, mingguan, bulanan, tahunan. Bahkan proses audit pun sudah berbasis SIMBA.
Sementara dalam hal administrasi, SDM, dan umum, BAZNAS Kota Batam sudah memiliki gedung sendiri yang dibeli menggunakan dana fisabilillah dan infak umum, yang dilegitimasi oleh keputusan MUI Kota Batam. Struktur organisasi BAZNAS Kota Batam juga berjenjang, tidak langsung dari Pimpinan ke Amil Pelaksana.